0

PP LKMM III BEM FMIPA ITS

Oktober menjadi saksi dilaksanakannya PP LKMM III FMIPA ITS sebagai bentuk regenerasi pemandu FMIPA ITS yang akan melanjutkan tongkat kepemanduan FMIPA dilingkup ITS. Pelatihan yang bertemakan “Momentum Kelahiran Pemandu FMIPA ITS yang Amanah, Profesional dan Berkarakter” ini dilaksanakan pada tanggal 9, 10, 11 Oktober dan diikuti oleh 28 peserta setelah proses seleksi yang cukup panjang nan berat mulai pengumpulan administrasi hingga tes wawancara. Seluruh elemen panitia mengerahkan segala upaya untuk mempersiapkan acara ini sejak beberapa minggu sebelum acara dilaksanakan.

Pelatihan yang dimulai hari jum’at puku 15.00 WITS di gedung Biologi lantai tiga ini dimulai dengan pembukaan oleh ketua Organizing Committee (Vika Ayu D.-kimia 08), kordinator pemandu (Rani-math 06) dan Presiden BEM FMIPA ITS (Nur Fariza Hidayat). Pada hari pertama ini, peserta terlihat semangat untuk mulai mengikuti tiap sesi materi. Hal itu terlihat dengan kelengkapan tugas serta baju standard pelatihan yang mereka gunakan. Zai (stat 08) mengungkapkan harapannya, “semoga dengan mengikuti pelatihan ini kami bisa menambah wawasan seputar kepemanduan dan mengaplikasikannya, insyaAllah.” Adapun materi-materi yang disampaikan pada hari pertama meliputi analisa tema, motivasi, penyelesaian soal secara secara sistematis dan hakikat belajar.

Hari kedua, Sabtu tanggal 10 Oktober 2009, pelatihan ini dilaksanakan di ruang sidang FMIPA (BAAK lantai tiga). Hal ini dikarenakan gedung biologi pada hari itu digunakan untuk acara pelepasan wisuda. Materi pertama adalah Hakekat Program Panduan yang dibawakan Rakhmadi Harsayanto, S.Si dan dilanjutkan dengan materi-materi selanjutnya yaitu Analisis Kebutuhan Pelatihan, Konsep LKMM, Rincian Tugas dan Aktivitas Pemandu, Peta Perjalanan Pemandu, Teknik Memberikan Instruksi, Teknik Bertanya, Teknik Memimpin Diskusi, Ceramah Singkat, Body Language, analisis Modul dan Bulkonah. Pada hari kedua ini, peserta semakin antusias dalam mengeksplor kemampuan yang mereka miliki dalam hal kepemanduan yang terlihat dari banyaknya pertanyaan yang mereka lontarkan pada tiap sesi materi, terlebih saat memasuki materi Body Language yang benar-benar menarik penyampaiannya.

Hari terakhir hanya diisi satu materi yaitu Bakor Pemandu LKMM ITS kemudian dilanjutkan dengan simulasi memandu oleh seluruh peserta. Dalam simulasi tersebut, peserta dibagi beberapa kelompok kemudian diminta untuk memandu selayaknya seorang pemandu dalam suatu LKMM. Salah seorang peserta, isti kimia 08 mengungkapkan “pelatihan ini sungguh menarik, mulai dari materi hingga simulasinya.” Acara terakhir adalah simulasi yang sekaligus merupakan acara penutup dari pelatihan ini. Acara puncak ini dilakukan dalam nuansa candle light yang berisikan petuah komitmen dan kewajiban-kewajiban sebagai seorang pemandu dari para pemandu serta sambutan dari seluruh kahima/perwakilannya dari tiap jurusan di FMIPA yang kemudian ditutup dengan sambutan Presiden BEM FMIPA ITS 2009-2010. Semoga Pelatihan ini menjadi salah satu cikal-bakal munculnya regenerasi Pemandu FMIPA ITS yang Amanah, Profesional dan Berkarakter.


Kominfo BEM FMIPA ITS 2009-2010


0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top