0

Siswa-Siswi SMP Belajar Mudah Tentang Sains

Beberapa SMP di Surabaya mengirimkan siswa-siswinya yang terdiri dari kelas 7, 8, maupun 9 untuk mengikuti acara yang diadakan oleh DEPARTEMEN SAINTEK BEM MIPA yaitu “Sains For Teen“. Dari beberapa SMP itu, terkumpul 10 tim. Sabtu (14/11) acara dibuka oleh Drs. Bandung Arry S,MI.Komp selaku Pembantu Dekan III FMIPA ITS yang sekaligus memberikan pengenalan terhadap MIPA.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pelajaran sains (matematika dan IPA) merupakan pelajaran yang ditakuti oleh cukup banyak siswa. Hal itu dapat disebabkan karena pelajaran mipa memang susah dipahami,sehingga minat belajarpun berkurang. “Acara ini sangat bermanfaat terutama bagi pelajar SMP, karena dapat menumbuhkan minat terhadap sains sejak dini,” terang Andri yang merupakan ketua panitia dari acara ini. Itulah tujuan dari diadakannya acara ini yaitu mengubah paradigma siswa dari sains yang sulit dipelajari menjadi sains yang mudah dan menarik. “Meningkatkan minat belajar terhadap siswa itu harus ditumbuhkan sejak dini dan haru dilatih,” tegas Drs. Soehardjoepri,M.Si. yang memberikan motivasi terhadap guru-guru pendamping.

Acara yang bertempat di Gedung Rektorat Lantai 1 ini juga diisi dengan kunjungan ke beberapa stan di fakultas mipa, yaitu fisika, matematika, statistika, kimia, dan biologi. Stan tersebut berisi beberapa praktikum yang menarik. Siswa-siswipun antusias mengikutinya. Di dalam beberapa stan tersebut juga terdapat games yang berhubungan dengan sains . Didalam permainan ini juga membuktikan bahwa pelajaran fisikapun yang notabene menjadi pelajaran momok dapat dipelajari dengan mudah. Di samping itu kegiatan ini selain meningkatkan minat belajar siswa juga dapat memberi pengetahuan bahwa pelajaran sains bisa digunakan untuk pemrograman dan sains terapan yang lebih aplikatif.


Kominfo BEM FMIPA ITS 2009-2010

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top